Tips dan Tehnik Membuat Tujuan Hidup
Orang
–orang yang berhasil biasanya merencanakan tujuan. Mereka tidak selalu
menuliskannya. Namun, jika meluangkan waktu untuk menuliskannya, anda akan
dapat mengeceknya kembali (akuntabilitas). Menuliskannya juga berarti anda akan
sangat jelas tentang apa yang ingin Anda raih. Merencanakan tujuan tidaklah
sulit apabila Anda tahu bagaimana caranya. Tujuan-tujuan terbaik memiliki
struktur. Ini disebut tujuan SMART. Mereka adalah:
·
Specific
– Spesifik
·
Measureable—dapat
diukur
·
Achievable—dapat
diraih
·
Realistic—realistis
·
Timed—berjangka
waktu
Untuk
mengetahui tujuan SMART, mari kita lihat tujuan yang tidak mengaplikasikan
peraturan SMART. ‘tujuan saya adalah untuk menjadi sehat’. Pernyataan ini
terlalu luas. Sehat seperti apa? Bagaimana kesehatan anda terukur sebelum dan
sesudahnya? Berapa lama membutuhkan waktu untuk sehat? Apakah anda mampu meraih
kesehatan yang anda inginkan? Seperti yang dapat anda lihat, membuat struktur
pada cita-cita anda dan mengaplikasikan prinsip smart adalah sangat penting
untuk meraih sukses.
Berhati-hatilah
karena merencanakan banyak tujuan dalam diri anda adalah resep untuk kegagalan.
Demikian pula merencanakan tujuan yang terlalu besar . jika ini pertama kali
anda merencanakan tujuan(atau anda merasa pernah gagal mencapai tujuan dimasa lalu),
mulailah dengan satu tujuan dan mulailah dari yang kecil. Mencoba untuk
menciptakan terlalu banyak perubahan terkadang membuat kewalahan. Jadi,
lakukanlah pelan-pelan dan bijaksana. Tujuan sederhana yang ingin dimulai dapat
juga dengan mencoba merencanakan satu resep dalam seminggu.
Bahkan
pada kesuksesan kecil, rayakanlah keberhasilan yang anda peroleh. Janjikan diri
anda sebuah penghargaan untuk setiap pekerjaan yang berhasil anda selesaikan
atau untuk menyelesaikan seluruh pekerjaan. Penghargaan atau hadiah itu dapat
berupa sesuatu yang sederhana, seperti secangkir kopi atau roti manis setiap
kali anda menyelesaikan pekerjaan, atau mandi berendam dimalam hari setelah menghabiskan
hari memilah dan mensortir kertas-kertas kerja dikantor. Mengorganisasi bisa
saja melelahkan secara mental dan fisik, terlebih apabila anda tidak terbiasa
melakukannya. Pastikan anda terbiasa mengatur waktu untuk merencanakan jadwal .
Sumber
literatur : Organize! Lissane Oliver
Comments
Post a Comment