Pages

Rabu, 23 November 2011

Liburan DUFAN

DUFAN

DUFAN aku mau berbagi cerita liburan ke dufan. tempat yang satu ini memang selalu mempunyai daya tarik bagi ku. Walaupun semua permainannya bikin kepala pusing. hehe

Senin, 24 September 2012
Ceritanya temen2 dan aku berencana untuk jalan-jalan ke dufan. Pada saat itu dufan sedang promo September Ceria diskon 50%. Dari rapat yang alot alias lama terkumpullah lima anak manusia yang mau berangcut eh berangkat ;p.
Kita berangkat menggunakan transjakarta dan ketemuan di halte harmoni jam 10an. Dari harmoni cuma naik sekali busway ke arah ancol.
sesampainya di halte ancol jam 11, kita langsung membayar tiket masuk keancol (ada didalam halte) harganya Rp15.000. Dalam hati deg-degan karena kebayang dufan (yang penuh dengan antrian).
jalan sedikit dari halte, kita ke tempat pembelian tiket dufan, harga tiket sebelum diskon Rp 220.000 menjadi Rp 110.000 (+ kita dapat tiket gratis wahana baru fountain magic show)
ketika aku masuk di dufan ternyata kondisinya sepi :) senang banget karena terbayang bakal menjelajahi semua wahana.
well hampir semua wahana yang kita naik, tetapi ada wahana yang gak beroperasi seperti niagara dan bianglala.

narsis dulu ah

setelah naik arum jeram, lumayan gak terlalu basah 

masa kecil kurang bahagia hehe

udah malam masi pgn naik komidi putar

teater tentang timun mas






jadi tips mau ke dufan :
1. Pas ada promo ;) karena dufan itu sering ada promo diskon di moment-moment tertentu.
2. Jangan pas musim liburan anak sekolah
3. Hari biasa berpotensi lebih sepi
4. Jangan pas musim hujan


sekiaan cerita dari aku.. mohon maaf kalo ada yang salah..
baca selanjutanya - Liburan DUFAN

Jumat, 18 November 2011

Jakarta Tempo dulu


Salam hangat pembaca!

Weekend ini saya punya waktu untuk ngebolang di daerah Jakarta dan sekitarnya. Berhubung akses rumah saya dilalui oleh jalur busway jadi dipilihlah Transjakarta sebagai teman bolang saya (ongkos murah hehe ). Jalan-jalan di daerah kota tua membuat saya membayangkan jaman Batavia tempo dulu seperti apa ya suasana dan megahnya. Sebagai gadis keturunan Betawi, saya harus tau dong sejarah tempat kelahiran saya ini ^^ .

Betawi  sebagai queen of east sekarang tinggal kenangan  walaupun sisa-sisanya masih bisa kita telusuri dan ditemui dibeberapa lokasi namun kehidupan serta kebiasaan orang Betawi asli yang kebanyakan sudah pada uzur. Nah, kita sebagai generasi muda yang belum sempat ikut merebut dan menegakkan kemerdekaan, sekarang punya job untuk membangun Jakarta lebih indah dan lebih sejahtera dari pada Batavia waktu dulu. Buat ceman-ceman yang suka cerita sejarah, saya  punya sedikit info sejarah tentang  Jakarta tempo dulu. Oke laah ceman-ceman yuk mari !

Queen Of the East

Terusan Suez pada November 1867 dibuka. Yang berarti hubungan laut antara Benua Asia dan Eropa jaraknya semakin pendek. Kalo semula pelayaran dari Eropa ke Batavia memerlukan waktu sekitar enam bulan dengan risiko perompakan dan penyakit, kini dapat ditempuh dalam waktu sebulan. Sejak saat itu, makin banyak orang Eropa khususnya Belanda datang ke Batavia. Sayangnya, kesempatan emas ini tidak di dukung oleh kondisi pelabuhan Sunda Kelapa di Pasar Ikan. Akibatnya kapal samudera yang berdatangan dari mancanegara tidak dapat merapat karena digenangi lumpur. Pemindahan penumpang dan barang-barang dari kapal ke perahu-perahu saat bongkat muat ke darat dan dari darat ke kapal sangat menghambat. Guna memperlancar ekonomi dan perdagangan diperlukan pelabuhan baru yang modern. 

Setelah melakukan survey yang cukup matang, akhirnya dipilihlah Tanjung Priok yang jaraknya sekitar 8 km dari Pasar Ikan. Bersamaan dengan itu, di bangun pula jaringan kereta api antara Batavia dan Buitenzorg (Bogor). Berturut-turut jaringan KA semakin bertambah, baik didalam kota maupun disekitarnya. Trem uap mulai dipergunakan pada 1881. Dan 16 tahun kemudia (1897) digantikan trem listrik. Dengan demikian, berkembanglah lalu lintas yang sudah dirintis oleh Gubernur Jenderal Gustaf Herman Willem Daendles, dilengkapi dengn telegraf dan telepon. Daendles juga membangun kawasan baru di selatan kota lama yang disebut Welrevreden (daerah lebih nyaman). Pemindahan ini karena kota lama menjadi sarang penyakit yang menakutkan bagi warga Belanda.

Sejak masa pemerintahan Raffles (1812), saat Batavia selama 5 tahun dikuasai Inggris, sistem pembagian wilayah kota dan daerah Ommelanden (luar kota), ditetapkan dalam kesatuan wijk atau kelurahan saat ini. Masa jabatan wijkmeester (lurah) ditetapkan satu tahun. yang terpilih sebagai kepala wijk adalah mereka yang paling terkenal dan dihormati dikampungnya.

Waktu itu Batavia-Wetevreden sedang dipromosikan dengan sebutan yang menarik : Queen of East (Ratu dari timur). Boleh dikata dalam abad ke-19 Batavia mengalami transfusi yang cukup besar dari para pendatang Eropa. Serdadu dan pedagang dari abad ke-19 ini jauh berbeda dai rekan-rekan mereka di abad ke -17. Mereka lebih santun dan terhormat, ketimbang serdadu dan petani yang didatangkan JP Coen dua abad sebelumnya. Di sekitar Weltevreden muncul pemukiman-pemukiman baru seperti Tanah Abang, Godangdia, Meester Cornelis (jatinegara), dan menteng. Pada awal abad ke-20 Batavia mencapai kekayaan yang melimpah.

Ratu dari timur itu tinggal kenangan

Gedung dan tempat yang pernah mengisi lembaran sejarah ibukota kini sudah tiada termasuk gedung-gedung yang dibangun abad ke-17 dan ke-18 hingga Batavia mendapat julukan sebagai kota Ratu dari Timur. Agar jangan sampai sisa-sisa peninggalan sejarah yang masih ada turut punah, Gubernur DKI Soerjadi Sudirja dalam upaya menggalakkan pariwisata di DKI pada tahun1993 telah melestarikan 224 bangunan tua sebagai Cagar Budaya Betawi. Dengan SK tersebut Gubernur melarang untuk mengubah bentuk apalagi membongkarnya. Seperti di Museum Bahari di Sunda Kelapa. Dengan semangat melestarikan tempat bersejarah ini, terpancang tulisan gagah dengan huruf-huruf besar :”Kita tanpa bangunan tua ibarat manusia tanpa ingatan”. Di museum yang pada masa VOC merupakan gudang, yang masih tampak kemegahannya, tidak lagi tercium bau aroma cengkih, biji pala dan berbagai rempah lainnyayang saat itu di simpan dan kemudian di angkut ke manca negara.

Tak berjauhan dari gudang VOC yang ketika itu tepat berada di tepi pantai, kini sudah menjauh sekitar 20 meter, terdapat Benteng (kastil) Batavia, yang hampir tidak berberkas. Hanya dengan bersusah payah, melewati tangga dari papan yang dibuat penduduk setempat, sebagaimana yang dilakukan wisatawan asing, baru dapat menjumpainya sedikit. Di dekat benteng ini, di sekitar Jalan Tongkol dan kakap dahulu terdapat sebuah Pintu Gerbang Amsterdam, untuk memeriksa orang yang keluar masuk kastil. Menyusuri daerah kota dari pasar ikan, jalan falatehan 1, berdiri gedung Staadhuis atau balai kota yang tampak megah, yang dulu menjadi tempat eksekusi bukan hanya bagi para bandit, perampok dan penjahat, tapi juga pejuang-pejuang kemerdekaan.

Diseberang kanannya terdapat sebuah gereja tempat masyarakat Belanda kala itu melakukan kegiatan keagamaan. Gereja ini pernah diperbaharui, ketika mendapat gempuran dan dibakar oleh pasukan mataram ketika menyerang Batavia.
Tempat konsentrasi pertahanan pasukan mataram kini menjadi Jalan Mataram di Jakarta Timur, yang ketika itu hutan belukardan rawa-rawa. Kata Mataraman oleh orang betawi di sebut Matraman.Gubernur Jenderal JP Coen dikabarkan dimakamkan di halaman gereja ini.
Dulu kota Batavia dibelah menjadi dua bagian, dikiri dan kanan Sungai Ciliwung yang mampu dilewati 30 buah perahu yang membawa berbagai keperluan sehari-hari dari “luar kota”. Disebelah timur (Kalibesar Timur) tempat pemukiman orang belanda dengan gedung bergaya Eropa, sebelah barat (Kalibesar Barat)orang cina dengan bangunan bergaya negeri leluhurnya. Perluasan kota di bagian barat dilakukan dengan menggali parit-parit. Daerah pemukiman cina di pecinan Glodok ketika itu disebut zuider voorstad (pemukiman luar tembok selatan). 

oke itu dulu info nya yaa 
thx
baca selanjutanya - Jakarta Tempo dulu

Kamis, 10 November 2011

Kamus Gaul bahasa Inggris (part 2)

Bisa
Ko bisa sih? How come?
Cuek
Dia lagi nyuekin  aku. He ain't talk to me.

Curah
Dia sering mencurahkan masalah pribadinya padaku. He often has heart -to-heart talk with me

Curang
Kamu curang. You cheat me
Dia sukanya curang. he's deceitful.

Ngerti
Kamu ngerti gak? Got it?
Aku udah ngerti maksudmu. I see your point
Dia gak ngerti isyaratku. He didn't take my hint

Fasih
Aku udah fasih ngomong bhs inggris.I'm fluent in English.

Flu
Aku kena flu berat. I suffer from a terrible flu.









baca selanjutanya - Kamus Gaul bahasa Inggris (part 2)

Selasa, 08 November 2011

Tips dan Tehnik Membuat Tujuan Hidup

Tips dan Tehnik Membuat Tujuan

Orang –orang yang berhasil biasanya merencanakan tujuan. Mereka tidak selalu menuliskannya. Namun, jika meluangkan waktu untuk menuliskannya, anda akan dapat mengeceknya kembali (akuntabilitas). Menuliskannya juga berarti anda akan sangat jelas tentang apa yang ingin Anda raih. Merencanakan tujuan tidaklah sulit apabila Anda tahu bagaimana caranya. Tujuan-tujuan terbaik memiliki struktur. Ini disebut tujuan SMART. Mereka adalah:

·         Specific – Spesifik
·         Measureable—dapat diukur
·         Achievable—dapat diraih
·         Realistic—realistis
·         Timed—berjangka waktu

Untuk mengetahui tujuan SMART, mari kita lihat tujuan yang tidak mengaplikasikan peraturan SMART. ‘tujuan saya adalah untuk menjadi sehat’. Pernyataan ini terlalu luas. Sehat seperti apa? Bagaimana kesehatan anda terukur sebelum dan sesudahnya? Berapa lama membutuhkan waktu untuk sehat? Apakah anda mampu meraih kesehatan yang anda inginkan? Seperti yang dapat anda lihat, membuat struktur pada cita-cita anda dan mengaplikasikan prinsip smart adalah sangat penting untuk meraih sukses.


Berhati-hatilah karena merencanakan banyak tujuan dalam diri anda adalah resep untuk kegagalan. Demikian pula merencanakan tujuan yang terlalu besar . jika ini pertama kali anda merencanakan tujuan(atau anda merasa pernah gagal mencapai tujuan dimasa lalu), mulailah dengan satu tujuan dan mulailah dari yang kecil. Mencoba untuk menciptakan terlalu banyak perubahan terkadang membuat kewalahan. Jadi, lakukanlah pelan-pelan dan bijaksana. Tujuan sederhana yang ingin dimulai dapat juga dengan mencoba merencanakan satu resep dalam seminggu.


Bahkan pada kesuksesan kecil, rayakanlah keberhasilan yang anda peroleh. Janjikan diri anda sebuah penghargaan untuk setiap pekerjaan yang berhasil anda selesaikan atau untuk menyelesaikan seluruh pekerjaan. Penghargaan atau hadiah itu dapat berupa sesuatu yang sederhana, seperti secangkir kopi atau roti manis setiap kali anda menyelesaikan pekerjaan, atau mandi berendam dimalam hari setelah menghabiskan hari memilah dan mensortir kertas-kertas kerja dikantor. Mengorganisasi bisa saja melelahkan secara mental dan fisik, terlebih apabila anda tidak terbiasa melakukannya. Pastikan anda terbiasa mengatur waktu untuk merencanakan jadwal .

Sumber literatur : Organize! Lissane Oliver
baca selanjutanya - Tips dan Tehnik Membuat Tujuan Hidup

Sabtu, 05 November 2011

Trik Menabung Jitu


Trik Menabung Jitu

Aktivitas menabung dengan cara yang tepat dan benar tidaklah sesulit dan serumit seperti yang Anda bayangkan. Hal yang paling penting Anda lakukan kini adalah mengetahui bagaimana caranya dan membuat aktivitas menabung menjadi sebuah kebiasaan. Berusahalah agar menabung menjadi prioritas utama bagi Anda. Sematkan keyakinan dalam diri Anda bahwa menabung tidak hanya sebagai kebutuhan saja, tetapi juga keharusan yang mau tidak mau tetao Anda lakukan. Mulai dari sekarang untuk menabung.

Berikut ini cara mudah agar membuat Anda mejadi seseorang yang mulai terbiasa untuk menabung.
·         
Bersegeralah menabung setelah menerima penghasilan.
Cara ini ampuh untuk menghindari diri agar Anda tidak menunda-nunda dalam menabung. Hal ini juga dilakukan agar Anda tidak kehabisan sisa penghasilan untuk di tabung. Jadi begitu gajian, menerima komisi, honor atau apapun bentuk dari penghasilan, segeralah untuk menyimpan dalam tabungan.

·         Pisahkan antara rekening belanja dengan rekening tabungan.
Agar efektif dan Anda dapat memonitor perkembangannya, pisahkan rekening belanja dengan rekening tabungan. Rekening tabungan dapat dibuat pada bank yang sama sehingga tidak perlu membayar biaya transfer untuk menabung. Ada baiknya, Anda untuk tidak membuat kartu ATM untuk rekening tabungan Anda. Dengan demikian, uang yang masuk sebagai tabungan tidak akan mudah diambil sehingga menghindari Anda untuk tergoda dan menghabiskan kembali uang yang sudah susah payah ditabung. Rekening yang digabung akan membingungkan Anda, berapa jumlah yang sudah ditabung dan berapa yang boleh dibelanjakan.

·         Tentukan jumlah uang yang ingin ditabung.
Berdasarkan penghasilan Anda saat ini, tentukan nilai tabungan yang wajar yang dapat Anda lakukan sebagai panduan angka 10% adalah minimum yang berarti Anda menyisihkan sejumlah tersebut untuk di tabung.

·         Menabung = pengeluaran
Setelah Anda selesai menentukan besarnya pengeluaran yang akan di tabung, maka anggaplah jumlah uang yang akan Anda tabung itu sebagai pengeluaran wajib setiap bulan. Sebab secara mental, ketika Anda menganggapnya sebagai pengeluaran, maka Anda dapat melakukannya tertib setiap bulan.

·         Atur anggaran belanja dan tabung setiap kelebihan
Jika Anda sudah bisa menerapkan penyusunan anggaran belanja bulanan. Maka pada akhir bulan cobalah periksa kembali anggaran belanja Anda, Jika ada kelebihan dana maka tabunglah dana tersebut.

·         Naikkan tahap persentase uang yang akan Anda tabung secara bertahap
Anda bisa menaikkan nilai persentase penghasilan yang ditabung misalnya dari 10%, 20%, 30% dan seterusnya. Cara ini memperbesar jumlah yang ditabung. Tetapi, tentu saja Anda harus melihat besarnya pendapatan yang Anda terima setiap bulannya.

·         Jangan pernah mengandalkan “sisa”
Kesalahan banyak orang menabung adalah mengandalkan dana yang tersisa untuk ditabung. Percayalah cara ini tidak efektif karena hasrat untuk menghabiskan uang sangat besar.

·         Merencanakan keuangan
Merencanakan atau membuat daftar pengeluaran Anda akan membantu melihat berapa banyak pengeluaran setiap bulannya.

·         Jangan lupakan diri sendiri
Berhemat bukan berarti Anda harus menjadi pelit. Anda boleh mempunyai kesempatan bersenang, misalnya membeli baju, atau sekadar jalan-jalan. Jangan biarkan Anda terkekang dengna pola pikir “kelangkaan”. Ingat kembali hukum keberlimpahan, The Law of Abundance, ketahuilah bahwa dunia ini sangat berlimpah, dan keberlimpahan ini karena Allah SWT, bahkan juga termasuk masalah uang. Jika Anda terus berpikir langka, maka yang akan terus terjadi adalah kenyataan dari keterlangkaan itu.

·         Ubah kebiasaan lama
Luangkanlah waktu untuk mencari tahu tentang apa yang sebenarnya yang dapat memicu pengeluaran Anda. KetikaAnda sudah mengetahui apa penyebabnya, maka kini saatnya Anda belajar mengendalikannya.

·         Waktu yang tepat untuk berbelanja
Penelitian membuktikan, seseorang berbelanja ketika ia sedang mengalami masalah dalam dirinya seperti ia sedang bosan, depresi, sedih, ia akan mengeluarkan lebih banyak uang dari yang diperkirakan. Sebab berbelanja berada di bawah pengaruh perasaan. Maka, jika Anda sedang kondisi hati yang tidak memungkinkan, lebih baik Anda menenangkan diri hingga tenang.

·         Jangan abaikan produk berkualitas
Kepercayaan yang salah dalam menabung adalah Anda harus membeli barang yang murah dengan kualitas rendah. Perlu Anda pahami, sesungguhnya membeli barang murah, tetapi memiliki kualitas yang rendah, akan menguras kantong Anda. David J. Schwart, seorang pengarang buku best seller, The Magic of Thinking Big, menyatakan ”Bayar dua kali lebih banyak dan belilah setengahnya.” Maksudnya misal Anda ingin membeli sepasang sepatu dengan harga Rp150.000, karena Anda ingin berhemat, tetapi kini sebaiknya diganti memilih sepatu dengan harga Rp300.000 dengan kualitas yang lebih baik.


Sumber literatur: Langkah Jitu Mengelola Gaji, Sabrina Larasati
baca selanjutanya - Trik Menabung Jitu

Kamis, 03 November 2011

Kamus Gaul bahasa Inggris (part 1)


Bahasa percakapan berbeda dengan bahasa teks book. Nah, biar gak terlalu kaku kalo chat sama orang bule, disini aku rangkum beberapa istilah yang sering didengar.. cekidot

A
Abai
  abaikan saja. just ignore it/ take it easy
  abaikan saja apa yang dikatakan. Never mind what he said
  abaikan saja. jangan masukin kehati. Don't take it to heart
  aku ngerasa dicuekin. I feel unwanted.
  kami di abaikan (dicuekin). We got the cold shoulder

Acara
  Aku ga ada acara hari ini. I am on a very loose schedule today.
  Acaraku padet bgt. I have tight schedul.
  Kamu jangan bikin acara tgl 3 juni, OK? Save June 3rd, Ok?

Acuh
  Sikapnya acuh banget sama aku. He doesn't bother to say hello
  Bokap nyokapku disambut dengan sikap acuh. My folks received a chilly reception

Ada
  Cowokku itu anak berada. My boy is financially comfortable
  Dia itu cewek cukup berada. She is a well-off lady.
  Ada yang lain? Anything else?
  Keadaan cowokku berat. My boy is in a spot
  Ada ada saja alasannya. Excuses! Excuses!
Adat
   Dia tahu adat. He behaves himself well
Aduh
  Aduh (karena sakit). Ouch!
  Aduh (karena jatuh) Ups!
  Duh! Cowok cakep banget! My! what a cute boy!
Ah
  Ah… itu sih kecil ! Aw, it is a piece of cake.
  Ah.. tidaklah! Heck
  Cinta ama dia? Ah.. so pasti enggak lah. Love him? Hell, no.
Akrab
  Kami semua teman akrab. We’re  all buddies. We’re pals.
Akur
  Mereka akur bgt. They get along well.
Alhamdulillah. Thank God
Alim
  Dia sih orangnya alim. He doesn’t like fooling around.
Ambil
  Ayo, cepetan ambil keputusan. Come on. Make up your mind.
Andal
  Dia cowok yang bener-bener bisa diandalin. He is really a trustworthy man.
Angin
  Aku lagi masuk angin, nih. I catch a cold.
Angkat
  Cepetan dong angkat teleponnya. Grasp the phone, please/ Pick up the phone please.
Angkuh
  Kamu angkuh banget sih. You’re proud as a peacock
Apa
  Ada apa sih? What’s up? / what’s goin on?
  Itu sih bukan apa-apa. It’s not a big deal
  Ada apa ribut-ribut? What’s all the fuss?
Ayo
 Ayo makan. Let’s eat
 Ayo pergi. Let’s go
 Ayo kesini. Come over here
 Ayo cepetan. Come on. Hurry up!
B
 Bagus
 Bagus! Good!/ well-done! Great!
 Bagus kamu! Good for you! Good Job!
 Wow, hotel yang sangat bagus. What a fancy hotel.
Bakat
 Aku gak bakat main piano. Playing piano is not my cup of tea.
Balas
 Cintaku padanya tidak terbalas. She didn’t return my love
Ban
 Sorry telat, banku bocor. Sorry late, I had a flat tire.
Banding
 Tak ada bandingnya. You can’t beat that.
Bangkang
 Nggak baiklah bangkang sama nasehat ortu. It’s not good to balk at our parents’ advice
Bayar
 Kita bayar sendiri-sendir aja ya. Let’s go Dutch.
 Barusan. Just now
Berani
 Ayo kalo berani! You and who else?
 Gue beraniin nanya. I make myself brave to ask.
 Aku berani taruhan. I’ll bet.
baca selanjutanya - Kamus Gaul bahasa Inggris (part 1)

Rabu, 02 November 2011

Manfaat Anggaran Belanja


Manfaat membuat anggaran

Membuat anggaran memberikan banyak keuntungan bagi Anda. Hanya saja, jarang orang yang menyadarinya. Beberapa manfaat yang Anda dapatkan jika membuat anggaran belanja, sebagai berikut.

1. Anggaran belanja yang sudah Anda buat sebenarnya adalah pedoman bagi Anda untuk mengatur finansial Anda. Asal Anda konsisten, anggaran akan memberikan petunjuk pada Anda yang baik untuk dibeli, mana yang harus dihindari.
     Otomatis, Anda tidak akan melenceng dari rencana semula. 
   Mungkin Anda mempunyai tujuan atau impian, tetapi jika Anda tidak menetapkan suatu pedoman  untuk meraihnya, Anda akan melenceng jauh dari semua itu sulit rasanya untuk kembali ke tujuan semula. Nah, bisakah Anda membayangkan apa jadinya jika pemerintah atau perusahaan besar beroperasi tanpa melakukan anggaran belanja? Begitu juga halnya dengan Anda. 
2. Anggaran belanja mengajarkan pada Anda bagaimana mengendalikan uang, bukan uang mengendalikan Anda. 

3. Anggaran belanja akan membantu Anda untuk membagi agar sebagian penghasilan Anda dapat ditabung dan sebagian lainya dapat digunakan untuk berinvestasi. 

4. Dengan mematuhi anggaran belanja yang telah Anda atur, Anda dapat mengganggarkan sedikit uang tunai yang dapat Anda gunakan sewaktu-waktu. 

5. Anggaran belanja membantu Anda fokus pada kebutuhan-kebutuhan utama keluarga.

6. Anda tidak perlu pontang panting mencari pinjaman uang karena menghadapi saat-saat darurat seperti anggota keluarga yang terpaksa masuk ke rumah sakit, jika Anda, mempunyai anggaran belanja yang tersusun rapi
7
7. Anggaran belanja juga dapat membuat kehidupan rumah tangga Anda semakin baik. Jika Anda menyusun anggaran belanja dengan teratur, maka Anda dan pasangan juga dapat merencanakan masa depan yang lebih baik dan otomatis Anda berdua dapat terhindar dari cekcok yang tidak perlu mengenai keuangan.

8. Anggaran belanja juga dapat memberikan peringatan kepada Anda ketika Anda sudah berbelanja melebihi apa yang direncanakan

9.  Dengan adanya anggaran belanja baik, Anda dapat terhindar dari berbagai lilitan utang. 

10. Jika Anda teratur menyusun anggaran belanja dan disiplin menjalankannya, Anda juga dapat tidur lebih nyenyak sebab Anda tidak perlu khawatir akan utang ataupun keuangan Anda yang tak jelas arahnya.

Silakan mencoba dan Semoga bermanfaat. ^_^

Sumber literatur : Langkah jitu mengelola gaji. Sabrina Larasati
baca selanjutanya - Manfaat Anggaran Belanja